Ekonomi islam, baik didunia maupun diindonesia sebagai Negara berpenduduk muslim terbesar, mempunyai prospek perkembangan yang pesar. Khusus untuk prospek di Indonesia, karena Indonesia merupakan Negara yang masyrakatnya religius/agamis dan ber-pancasila
Selama ini, dalam masyarakt indonesia yang religius telah diterapkan sistem ekonomi campuran yang didominasi oleh sisitem ekonomi kapitali-materealistikyang sekuler. Akibatnya sering menimbulkan gejolak dibidang sosial-politik, khususnya dalam menegakkan negara kesatuan republik indonesia hingga sekarang ini. Hal ini karena telah terjadi brain washing/ pencician otak mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa, tanpa memandang warna kulit, jenis suku, agama serta tingkat pendidikan.
Berbagai hal yang mendasar berikut ini memperlihatkan sistem ekonomi di atas:
• Paradigma dasar dalam ekonomi yang kita ikuti selama ini adalah: sekuler, bebas nilai, materealistis, dan sosial. Sedangkan paradigma dasr dalam ekonomi islam lebih memberikan tekanan pada nilai moral, kebersamaan dalam berperikemanusiaan, serta keadilan dalam kesejahtraan sosial dan ekonomi.
• Dalam hal alokasi sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia, telah terbentuk stigma pemikiran bahwa kebutuhan manusia serba tidak terbatas disatu pihak, sedangkan dilain pihak terdapatnya keterbatasan sumber daya alam atau alat pemenuhan kebutuhan manusia. Akibatnya adalah timbulnya persaingan yang saling mematikan antar pelaku ekonomi.
Islam mengajarkan bahwa sebenarnya kebutuhan manusia secara riil, baik untuk kebutuhan hidup primer, sekunder maupun tersier adalah terbatas. Sedangkan alat pemenuhan manusia dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tidak terbatas, sehingga akan menimbulkan kemitraan diantara para pelaku ekonomi.
Yang serba tidak terbatas pada diri manusia adalah keinginan nafsunya, namun kemampuan daya beli riilnya terbatas. Dalam sistem ekonomi islam yang holistik, tugas/fungsi sistem ekonomi islam adalah untuk memerangi : kebodohan, kemiskinan,
kesakitan, dan kebathilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s